Beberapa istilah yang
terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data,
informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.
Saat ini sistem informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian
manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah
untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi subunit-sub unit dari organisasi
dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dua hal yang menjadi
perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu
saja dalam dua proses tersebut diperlukan satu sistem agar proses koordinasi
dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat
tercapai. Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi sistem
pengendalian manajemen adalah :
-
penghematan waktu (time
saving)
-
penghematan biaya (cost
saving)
-
peningkatan efektivitas (effectiveness)
-
pengembangan teknologi (technology
development)
-
pengembangan personel akuntansi (accounting staff development).
Dalam perjalannya
Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadi sebuah sistem yang
seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapan perkembangan dari
sistem yang terfokus untuk menghimpun,menyimpan dan memproses data saja sampai
terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadi sebuah informasi dan
dari informasi tersebut terciptalah sistem pendukung keputusan berikut
perinciannya :
a.
Berfokus pada DATA (EDP):
Pada awal abad ke 20 pemakaian komputer terbatas hanya untuk
aplikasi akuntansi dan digunakan nama EDP yang merupakan aplikasi sistem
informasi yang paling dasar dalam setiap perusahaan. Sistem pemrosesan
transaksi merupakan jenis sistem yang pertama kali di impelementasikan. Fokus
utama sistem ini adalah pada data transaksi.sistem informasi ini digunakan
untuk menghimpun , menyimpan dan memproses data transaksi serta sering kali
mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transasksi.misalnya yang
mengendalikan keputusan adalah sistem pemrosesan transaksi yang sekaligus dapat
memvlidasi keabsahan kartu kredit atau mencarikan rute pesawat terbang yang
terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
b.
Berfokus pada INFORMASI (SIM):
Tahun
1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara
penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh
pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa
aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi
manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan
adanya Manajemen Informasi perusahaan akan mudah mendapatkan Informasi yang
akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan
tersebut.
c. Berfokus pada
KOMUNIKASI (OTOMATIS KANTOR):
Pada waktu DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada
otomatisasi kantor (office automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan
meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui
d. Berfokus pada
KONSULTASI (EXPERT SYSTEM)
Ide dasar AI adalah komputer dapat deprogram untuk melaksanakan
sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Sistem pakar adalah suatu
sistem yang berfungsi sebagaiseorang spesialis dalam suatu bidang. Sistem yang
menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk
pemecahan masalah dinamakan dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases
sistems) Penjelasan lebih lanjut akan dijumpai pada modul terakhir dari
materi kuliah SIM.
Manajer membuat keputusan
untuk memecahkan masalah dengan memanfaatkan data dan informasi. Informasi
disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi.
Pada bagian pengolahan dengan komputer terdiri dari lima bidang yakni SIA, SIM,
DSS, kantor virtual dan sistem berbasis pengetahuan. Hal tersebut dinamakan
dengan sistem informasi berbasis komputer (komputer based information sistem).
Sumber:
- Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi: untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi.
- Goyal, A. (2011). System analysis and design. New Delhi: PHI learning Private Limited.
- Oke, J.K. (2009). Management information systems. Mumbai: Nirali Prakashan.
No comments:
Post a Comment